Sabtu, 23 Juni 2012

KEAMANAN PADA TWITTER

Twitter  adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc, yang menawarkan jejaring social berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut  tweet(kicauan). Tweet adalah sebuah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweet dapat dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman- teman mereka saja, dan pengguna dapat melihat tweet penulis lain yang  dikenal dengan sebutan follower (pengikut).  Twitter memiliki logo berupa seekor burung bewarna biru yang bernama  Larry the Bird , dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
Mungkin zaman sekarang Twitter  tidak asing lagi baki kalangan anak muda  sekarang. Karena Twitter sangat mudah dalam pengiriman pesan seperti SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bias melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Kerahasiaan pribadi dan keamanan Twitter

Menanggapi pelanggaran keamana Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan tehadap layanan yang telah diselesaikan  pada tanggal 24 juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan social untuk  penyimpangan keamanan.
Terkadang sebuah heacker  akan mengirimkan sebuah worm XSS yang aktif di Twitter, cara penyerangannya yaitu ketika sebuah akun pengguna mengirim tweet, maka worm computer dalam script secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim tampilan dengan sendirinya, yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sebuah iklan dan tautan situs porno.

Tips Keamanan Twitter

Bagi Anda, Twitter  mungkin tampak tidak terlalu baerbahaya bagi keamanan kehidupan pribadi Anda. Tidak seperti Facebook yang memiliki resiko tinggi mengungkap segala hal tentang diri Anda, sementara Twitter tidak demikian.
Namun kenyataannya, Twitter bias mencuri identitas Anda  maka dari itu saya akan memberikan tips untuk keamanan Twitter yaitu sebagai berikut:

1.       Informasi Personal
Hindari postingan yang kerap mengumbr informs personal tentang diri Anda apabila memang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

2.       Mengatur Profil
Cara paling sederhana untuk melindungi identitas diri salah satunya melalui profil yang bias dilihat semua orang. Tulis informasi seadanya yang tidak terlalu penting demi keaamanan identitas Anda.

3.       Privasi Twitter
Atur profil Twitter Anda menjadi tertutup untuk orang-orang yang tidak terdaftar pada follower Anda. Dengan demikian Anda hanya akan tahu dan kenal dengan jelas orang-orang tertentu saja yang bisa membuka dan membaca postingan Twitter Anda. 

4.       Aplikasi
Pencurian identitas melalui Twitter juga biasanya disebabkan karena aplikasi yang Anda gunakan saat mengakses Twitter. Klik menu Pengaturan, kemudian Aplikasi untuk mengetahui berbagai aplikasi Twitter yang selama ini telah Anda manfaatkan.

5.       Pengaturan pencarian
Mengatur modus pencarian menjadi HTTPS saja juga membuat koneksi Anda selama masuk ke Twitter tetap aman dan menghindari spam.

6.       Tautan mencurigakan
Hati-hati dengan tautan atau link yang mencurigakan dan jangan selalu meng-klik alamat tersebut, meskipun itu berasal dari teman Anda di Twitter.

7.       Informasi lokasi
Jangan pernah mengaktifkan informasi lokasi pada Twitter Anda, sebab bisa saja para pencuri sudah siap merampok rumah Anda ketika mengetahui status Twitter Anda menunjukkan Anda sedang tidak di rumah.

8.       Informasi spesifik
Mungkin Anda bukan artis terkenal yang harus selalu menjaga kerahasiaan lokasi, meskipun demikian Anda sebaiknya menjaga diri dengan menjaga segala bentuk informasi spesifik yang Anda tuliskan di Twitter.

9.      Pesan                                                                                                                                                        Jangan membiasakan diri saling mengirim pesan di Twitter dengan orang asing yang tidak Anda ketahui identitas aslinya.

10.   Permainan pertanyaan
Meskipun jarang, namun permainan pertanyaan yang Anda anggap lucu namun ternyata bisa menjadi kombinasi kunci bagi para hacker untuk membongkar dan mencuri identitas Anda.

Itulah tips-tips yang saya  sarankan mudah-mudahan dapat berguna bagi para pengguna Twitter agar lebih berhati-hati pada keamanan Twitter dari ancaman para pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar