Selasa, 19 Juni 2012

Keamanan Facebook Dari Para Heacker



Bagaimana account Facebook Anda tetap aman dan aman terhadap ancaman. Facebook account akan mengasosiasikan dengan alamat email, yang berarti bahwa Anda harus memiliki alamat email account dan kemudian memberikan sebagai username di Facebook dan Anda memiliki password. Ini semua yang Anda butuhkan untuk dapat login ke Facebook, tetapi banyak hal buruk yang di buat untuk membuat sekenario d facebook Anda yaitu :

1) Teman Anda memberitahu Anda bahwa saya menerima pesan aneh dari Facebook atau sesuatu yang aneh telah posting di dinding Facebook Anda seperti: Anda akan melihat link untuk beberapa website yang berisi Malware (Virus, Worm, Trojan).
2) Beberapa teman-teman baru ditambahkan atau beberapa teman Anda telah dihapus.Anda tidak menambahkan atau menghapusnya, tetapi mereka telah dihapus tanpa sepengetahuan Anda.
3) Anda mengetikkan username dan password yang benar (Caps Lock anda yang membuat modal alphabet nonaktif) tetapi Anda tidak bisa akses ke account Anda.
4) Teman-teman Anda bertanya tentang pesan yang Anda tidak pernah mengirim mereka. Ketika scenario ini dilakukan maka account Anda mungkin sudah di hack, bila account Anda telah di heck maka ada kemungkinan email yang digunakan untuk masuk ke Facebook sudah di hack juga.

Beberapa metode dan cara melindungi Facebook Anda:

Pertama, ketika account Anda telah hack masalah sebagian besar datang dari Facebook Anda bukan Facebook server, karena hacking pengguna Facebook jauh lebih mudah dari pada hack server Facebook. Dalam banyak kasus, hacker akan mencari Facebook ID dan Anda kemudian akan mencoba untuk menemukan IP Address yang mengasosiasikan
 dengan Facebook ID dan akan mengirimkan sebuah paket berisi Remote Access Trojan (RAT) ke PC Anda. bila jenis Trojan yang ketika datang di PC Anda memberikan akses jarak jauh yang tidak sah atau penyerang (Hacker) dan hacker bisa mengambil alih kendali PC dan melakukan apa yang dia inginkan seperti apa yang dapat Anda lakukan dengan PC (mengambil kendali atas layar, Mouse,Keyboard dan segala sesuatu). 

Beberapa software hacking desain hanya untuk account Facebook dan setelah RAT berjalan di kemudian akan memindai Password yang telah menyelamatkan di dalam PC dan mencoba untuk merekam atau dekripsi (membuka atau crack password) dan ketika mendapatkan akses  kemudian memberikan kemampuan untuk hacker untuk mengendalikan Facebook, seperti pengguna normal. Hacker dapat melakukan apa saja yang akan dilakukan pengguna di account Facebook termasuk menambah / menghapus posting teman di dinding atau mengirim email. Bayangkan saja Anda memberikan password dan username dengan beberapa lain. Setelah username dan password akan cukup untuk mengakses Facebook. Kadang-kadang perangkat lunak yang dirancang untuk secara otomatis memindai pengguna dan hack mereka dan menaruh pesan secara otomatis. Ini biasanya disebut Botnets.

Berikut contoh cara kerja para heacker:
1. Scant for facebook ID
2. mencoba untuk menemukan IP pengguna
3. kirim Trojan paket ke IP
4. jalankan Trojan dan memindai untuk semua teman-teman di Facebook
5. kirim link kesemua yang berisi link download untuk Trojan dan Taman anda akan mendownload sebuah Trojan.

Win32/koobface adalah malware yang tersebar di jaringan yang mempengaruhi Facebook, kebanyaka orang jika memerima kiriman ini pasti akan takut dan akan shutdown account Facebook mereka. Tetapi jangan khawatir, pertama-tama anda harus menjalankan window dan anti virus dan memperbarui dan terus menjalankannnya. Karena untuk membantu anda dalam menemukan virus Trojan tersebut.

Ada tiga hal yang akan membantu worm ini dating ke PC Anda:
1.      Pirate software atau non-asli
2.      Kedaluarsa windows atau anti-virus/anti –spyware yang tidah diperbarui
3.      Tidak ada atau tidak aktif anti-virusnya.


Jika Anda memiliki internet Explorer 8 dan Smartscreen Filter aktif. Maka anda link ke situs malware maka akan memblokirnya, seperti yang dikatakan tadi ancaman yang mengirimkan link atas nama pengguna. Dengan menggunakan Smartsreen filter akan membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.
1.      Jika Anda menggunakan perangkat yang non-asli , solusi keamanannya hanya dapat membantu Anda untuk beberapa bulan tidak selamanya.

2.      Memindai PC untuk malwre dan menghapusnya, yaitu untuk windows XP, Vista dan windows 7
3.      Ubah password dan Email Facebook Anda.
4.      Jika Anda tidak memiliki anti-malware, maka anda dapat menggunakan Microsoft anti-malware
5.      Jika Anda tidak dapat meresert account Facebook Anda maka gunakan situs beriut ini untuk meminta reset www.facebook.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar